Rabu, 05 September 2012

Catatan OPAK FKIK 2012

OPAK FKIK (Orientasi Pengenalan Akademik dan Kebangsaan) merupakan kegiatan orientasi awal mula mahasiswa baru yang diadakan di setiap fakultas. Unik memang tahun ini menggunakan nama OPAK, karena seperti yang kita tahu opak lebih dikenal sebagai makanan khas daerah bandung. Tapi ternyata nama OPAK itu berasal dari hasil keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam yang ditetapkan setelah mempertimbangkan pertemuan Pembantu Rektor dan Pembantu bidang Kemahasiswaan UIN/IAIN/STAIN se-Indonesia. Orientasi Pengenalan Akademik yang selanjutnya disebut OPAK adalah serangkaian kegiatan bagi mahasiswa baru untuk memberikan pengenalan proses pendidikan di lingkungan PTAI.*

Pada tahun ini, BEM FKIK menyusun kegiatan OPAK FKIK sematang mungkin, berawal dari diskusi dengan beberapa orang-orang hebat yang ternyata mulai terbentuk karakter pemimpinya semenjak menjadi mahasiswa. Beberapa pengurus BEMFKIK hampir setiap malam dipertengahan jadwal UAS menyempatkan waktu untuk berkumpul dan merumuskan kaderisasi yang ingin dimulai semenjak orientasi di tahun 2012 ini. Dan terciptalah sudah awal mula dari sebuah TOTALITAS OPAK yang alhamdulillah telah terlaksana pada tanggal 29 Agustus - 2 September ini.

Disetiap universitas biasanya, orientasi akan dimulai pada tahap universitas dahulu, dimana saat itu pula mulai dibentuk pribadi yang mengenal, mencintai, dan bangga akan predikat barunya sebagai MAHASISWA. Namun berbeda dengan UIN Syarif Hidayatullah yang telah 2 tahun ini BEM Universitasnya sedang dibekukan, maka dari itu kita dari BEMFKIK berinisiatif untuk tetap menanamkan nilai almamater dan kesatuan Universitas dalam perjalanan OPAK Fakultasnya, dilihat dari tugas yang diberikan berupa Maba harus mencari warna bendera dari seluruh fakultas di UIN, materi kealmamateran hingga penanaman lebih jauh sikap bangga terhadap UIN sendiri dengan pencontohan pada para panitia.  

Setelah mencapai kesepakatan bahwa pada OPAK 2012 ini tujuan yang ingin dicapai adalah
Maba memiliki rencana saat menjadi Mahasiswa di FKIK dari segi akademik dan kebangsaan, kemudian nilai Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus diaplikasikan oleh seluruh mahasiswa dan mengawalinya dengan tugas essay hingga satu hari berbicara tentang Tri Darma Perguruan Tinggi : "Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat", ada juga nilai yang dipupuk untuk bersyukur mendapat kesempatan menjadi Mahasiswa dan bangga menjadi mahasiswa UIN khususnya, Personal Revolution bagaimana seharusnya dan seidealnya seorang MAHASISWA itu dan tata krama antara mahasiswa FKIK untuk menciptakan solidaritas antar profesi nantinya, yang semua itu mulai ditanamkan dan digambarkan semenjak dibangku kuliah. Dan pencapaian nilai-nilai yang banyak diatas kita coba masukan dan evaluasi bersama dengan melihat dari berbagai sudut, sudut panitia dan peserta, hingga kami berusaha keras memasukan panitia kedalam barisan MABA. "panitia yang bertugas menjadi peserta/spy"

Semua itu akan sulit tercapai bila orang-orang yang bertugas sebagai pencapainya sendiri tidak paham akan nilai-nilai yang ingin ditanamkan, hingga mengikuti universitas lainya dan karena dianggap perlu, akhirnya BEMFKIK mengadakan pelatihan terlebih dahulu kepada seluruh Panitia OPAK FKIK, pelatihan itu dibagi dua, TOC "Training Of Crew" dan TOM "Training Of Mentor". Dengan pembicara-pembicara yang diyakini mumpuni dibidangnya. Hingga terciptalah panitia dengan atmosfer dan kepahaman yang sama.

Kepanitiaan OPAK FKIK ini sebagian besar di pegang oleh pengurus BEM FKIK 2012-2013 dan panitia OR yang memang sengaja diambil dari mahasiswa yang berdomisili disekitar FKIK. Perjuangan mengumpulkan data di tahun ini cukup melelahkan dibanding tahun sebelumnya. Yang biasanya hanya dalam waktu 2 minggu daftar ulang dibuka, namun di tahun ini daftar ulang dibuka hampir selama 1,5 bulan, dan keputusan itu berambas kepada kita pihak panitia yang harus full membuka STAND OPAK FKIK di dekat gedung akademik. Selama bulan Ramadhan panitia secara bergantian mendapat jadwal mejaga STAND menahan haus dan lapar karena kebetulan semua itu bersamaan dengan berlangsungnya bulan Ramadhan.

Seminggu setelah lebaran berlangsung, Panitia OPAK FKIK menunjukkan komitmennya dengan datang tepat waktu pada gladi resik yang diadakan H-1 yang diadakan pula bersamaan itu kumpul kelompok perdana dan pengadaan barang, dapat dibayangkan bagaimana hari persiapan pun penuh dengan kegiatan dan pada tanggal  29 Agustus dimulailah pra-OPAK FKIK dengan orasi ketua pelaksana, pengenalan panitia dan orasi dari pengurus BEM FKIK. Permulaan yang menggebu itu jga diperkuat dengan materi  yang diisi oleh Bang Randy Bagasyudha mantan Kasrat BEM UI yang mengisi materi dengan studi kasus, hingga semangat peserta akhirnya keluar juga dengan skenario turun ke pasar melawan Satpol PP.

Tanggal 30 Agustus dimualai dengan expose UKM yang diadakan di lapangan SC, setiap UKM mempresentasikan tentang UKMnya masing-masing, sayangnya expose UKM kali ini hanya bisa dinikmati oleh 2 fakultas saja secara bersamaan, yang dulunya 6 Fakultas secara langsung, FKIK dan FITK. Walau begitu suasana "battle dalam asumsi positif" yang membangun kekompakan masih terasa antar keduanya. Dilanjut tanggal 31 Agustus adalah puncak dari segala acara. dengan  materi dan semuanya berbau tentang universitas dari akademik, keperpustakaan hingga organisasi mahasiswa. Hari itu pula banyak nilai yang kita tanamkan menggunakan cara panitia, cara yang tidak mendiskriminasi, cara yang sangat baik untuk membentuk mental seorang mahasiswa.

Dan Opak Fakultas diakhiri pada tanggal 1 September dengan penutupan yang luar biasa, materi kolaborasi antar 4 jurusan, kontemplasi dan pemilihan ketua angkatan dilanjut dengan pembukaan spanduk bertuliskan "Selamat Datang dan Selamat Bergabung di FKIK" dan setelah itu semua berakhir, dimulailah OPAK Jurusan sampai tanggal 2 September 2012. Cukup melelahkan memang 4 hari berturut-turut semua panitia secara sungguh-sungguh membicarakan evaluasi pembentukan pemimpin bangsa, datang malam hari pulang malamhari pula, namun dengan melihat kesungguhan mereka "MABA" dan perjuanganya hingga acara ini bsa diakhiri dengan keterkaitan ukhuwah yang sangat dalam, dan pencapaian nilai yang memuaskan yang dilihat dari berbagai sisi. Hingga saya selaku ketua panitia dapat menilai bahwa insya Allah acara ini berhasil dan sesuai dengan apa yang kita bayangkan.

Harapan terakhir adalah, dengan modal nilai-nilai yang telah kita tanamkan, Saya harapkan semua itu bisa terus menjadi pijakan dalam melangkah selanjutnya. Untuk Angkatan baru yang semakin menggebu dan mengahru biru, tak pernah ragu untuk melaju, karena Kalian adalah pemimpin bangsa yang kita tunggu. Semoga terus menjadi angkatan yang kompak dan melakukan hal yang baik selalu. Siapa diri kalian? MAHASISWA. Berapa jumlah kalian? SATU.

Hidup Mahasiswa!!
Bangkitlah Para Pemuda!!

Ketua Pelaksana OPAK FKIK 2012 "BRILLIANT"


Yusna Fadliyyah Apriyanti

1 komentar:

  1. Sehr Gut kak! Many thanks for every effort that you did for us. (ʃƪ♥⌣♥)

    BalasHapus