Rabu, 01 Juli 2009

Sekeretaris Aresta 4

Aresta atau Ajang Remaja Berprestasi 4
ini adalah acara basar di sekolahku..
yaitu di Pondok PesantrenHusnul Khotimah,,

Acara besar,, yang ada tiap tahun..
yang dimulai di OSHK (Organisasi Santri Husnul Khotimah)X
Waktu itu ketua OSHK nya Kak Asep Nur Amilih ma Wafiyyah Ahdiyyah
Aresta punya lambang yang khas,, yaitu Bintang 3 Dimensinya itu,,
yah, emang belum terpecahkan sieh maksud teka-teki di balik lambang itu,,
tapi, karena itu acara yang dirintis mereka ,,
jadi kita musti tetep ngasih yang terbaik di angkatan kita,,,
di angkatan OSHK XIII di Aresta 4.

Alhamdulillahnya tahun ini aku jadi sekretaris 2,,
karena emang akhwat jadi wakil, ikhwan yang jadi pertamanya,,,
dan itu emang hal yang lazim,, karena Arrijalu Qowamunna a'la nissa..

nggak tahu kenapa,,
tapi aku bangga banget bsa ngerasain..
jadi panitia di acara ini...
karena dengan jadi salah satu panitianya,,
banyak hal lah,, yang bsa diambil dari acara ini..

klo emang kalian belum kebayang juga gimana senengnya aku,,
coba aja, rasain klo kamu dapet kesempatan,,
jadi panitia acara yang emang cuma sekali kamu bsa ngerasainnya di sekolah kamu,,
seneng kan,,
he,,he,,he,,
jadi curhat gtu..

karena aku udah pernah ngerasain nieh acara,,
makanya aku lumayan punya banyak pengalaman,
yang sebenernya kadang buat aku pengen ulang nieh acara dari awal,,
jadi, buat kamu kamu yang emang dapet kesempatan yang sama ama aku,,
aku mau ngasih,,,
Pelajaran buat kalian:
1. Kamu musti ngerti,, apa sih bedanya tugas kamu ma tim kesekretariatan,,klo emang kebetulan sma,, ada tim kesekretariatannya...
nieh klo menurut aku,,
bedanya sekretaris dan kesekretariatan itu..
sebenarnya karena sekre cuma dikit, jadi di buat tim yang sebenernya fungsinya sama ma sekre,, yaitu tim kesekretariatan,
jadi tim kesekretariatan bertugas,, membantu tugas sekretaris pada umumnya..

2. Tugas kamu yang paling penting adalah,, nulis semua kejadian penting setiap hari,, tentang perkembangan acara tersebut, dari awal sebelum acara. pas acara dan setelah acara,, ampe ending deh..

3. Jangan lupa selalu menghadiri rapat panitia,, karena hasil rapat juga termasuk kejadian penting,,,
Inget loh!!! hasil suatu divisi bisa mempengaruhi perubahan buat divisi-divisi lain,, jadi kamu sebagai sekretaris musti ngerti alur ceritanya tuh acara tiap hari, dan ngasih tau tuh perubahan ke divisi-divisi lain.. kan kasian tuh divisi, klo musti ganti semua kesepakatan cuma gara-gara peubahan divisi lain yang lebih penting,, klo di acara aku sih, yang paling penting adalah keputusan divisi acara, dan mereka seneng banget ganti ini itu,, tapi,, mau gimana lagi,, namanya hasil musyawarah,,

4. jangan lupa awal dari setiap acara musti buat proposal,,udah gtu..Untuk tugas administrasi peserta,,kamu serahin aja ma tim kesekretariatan, biar mereka juga nggak ribet, yang penting kamu nunjuk satu orang buat tanggung jawabin tuh kerjaan,, inget juga, yang kamu pilih itu, musti orang yang teliti dan rapih plus satu lagi jangan riweh,, kasian di dianya juga klo riweh ngadepin banyak peserta,, cari orang yang paling tenang ngadepin masalah dari tim kesekretariatan.

5. Untuk masalah surat,, kamu musti data yang jelas,, semua surat yang musti dibuat, dan semua keteranganya kudu jelas,, udah gitu kamu nyuruh juga ma salah satu tim kesekretariatan untuk buat tuh surat,, kenapa aku bilang salah satu,, karena buat surat tuh musti musat,,
nggak bisa tiap divisi buat surat sendiri-sendiri,, nanti yang ada,, nomer suratnya banyak yang double... jangan lupa kamu juga ngawasin dalam pendataannya,, karena kamu yang bertugas tanggung jawab keseluruhan,,

6. dari awal rapat,, kalian musti nyetujuin seluruh teknis saat acara berlangsung,,
contoh ni yah,, karena di sekolah aku ikhwan dan akhwat emang dipisah, jadi kesekretariatan ada 2 ruangan,, 1 akhwat n 1 ikhwan.. klo kejadiannya sama lagi kayak gini,, pesen aku,, dari jauh hari kalian musti nyepakatin:
a. tempat pendaftaran,, klo kata aku sih, mendingan tempat pendaftaran di pusatin aja,, semua di ikhwan atau semua di akhwat.
b. ruangan kesekretariatan,, karena walaupun pisah, tetep ruangannya musti deket, biar nggak susah kalau pesertanya mau nyari,
c. tempat daftar ulang,, mau dipusatin atau biar adil di bagi,, misalkan ikhwan 2 lomba dan akhwat 2 lomba,,
d. dan apa aja yang di kasih saat daftar ulang,, misalkan ada souvenirnya juga kayak pin atau majalah dan kartu pesertanya juga,, kalian musti nentuin, kapan tuh barang-barang di kasih buat peserta
e. tekhnis pembagian sertifikat pas akhir, mau di pusatin atau di bagi lagi, kayak diatas..

7. kamu juga musti jaga kesolidan tim kesekretariatan,, klo emang mereka lagi nggak mood kamu musti berkorban ngehibur mereka,, karena menjaga kesolidan tim kesekretariatan juga tugas kamu loh,, jangan biarkan ada yang perang dingin lah or ngambek lah,, buat mereka enjoy ama pekerjaannya..

8. terakhir,, untuk Buat Laporan Pertanggung jawaban,, mending di sepakatin,, siapa yang mau buat,, akhwat atau ikhwan,, udah gtu kalian kumpulin datanya baru deh,, buat tuh LPJ,, dan inget,, data catatan kamu dari awal ampe akhir,, itulah yang baalan kamu isi di LPJ,, laporan asam manisnya perjuangan kalian menuju terlaksananya suatu program,,

Okelah cukup segini dulu yah,, N the last.. good luck buat kamu yang dapet kesempatan cemerlang ini...

2 komentar:

  1. good coment
    boleh copy ga
    aku belom sempet nulis bout tugas sekret nih pa perbadaannya

    BalasHapus
  2. wah..iseng2 blogwalking, eh nemu postingan ini
    sayangnya aku udah keduluan jd sekretaris sebelum baca ini (n acaranya udah selesai), padahal sebelumnya ga ada pengalaman, jd rada kaget n ga siap juga.
    untungnya ada kakak senior yang ngebantuin..
    emang sebaiknya ada yang bantuin sekretaris ya (bidang kesekretariatan), walaupun kesannya acara yg akan diangkatkan tuh remeh banget, tp tetep sekretaris kan butuh bantuan *curcol*
    sekali lagi makasih, ya, postingan kamu berguna banget lho

    BalasHapus